RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto mengumumkan Gibran Rakabuming sebagai bakal calon wakil presidennya. Prabowo mengatakan keputusan itu dilakukan secara aklamasi.

“Ini aklamasi bulat, konsensus,” kata Prabowo ditemani semua pemimpin partai koalisi pengusungnya di kediamannya di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Prabowo mengumumkan itu usai pertemuan dengan para petinggi partai koalisi di Kertanegara.

Koalisi Indonesia Maju, mencakup Demokrat, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora dan Partai Garuda, memilih Prabowo sebagai bakal calon presiden. “Tanggal 25 hari Rabu kami akan daftar ke Komisi Pemilihan Umum,” kata Prabowo menambahkan.

Sebelum pengumuman ini, tiga partai anggota koalisi telah secara terbuka mendukung Gibran menjadi pendamping Prabowo. Mereka diantaranya Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar.

Gibran mengunjungi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono di Jalan Prapanca Raya Nomor 10, Jakarta, Ahad pagi, 22 Oktober 2023. Politikus Partai Demokrat Andi Arief mengaku dukungan partainya juga mengarah kepada pasangan Prabowo-Gibran. “Arahnya menuju seperti itu,” katanya dilansir dari Tempo.

Gibran Rakabuming juga sempat bersafari menemui sejumlah piminan partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju pada Sabtu kemarin. Dia bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada Sabtu kemarin. Wali Kota Solo juga bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di hari yang sama.

Presiden Joko Widodo memberi restunya kepada anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo. Meskipun demikian, dia menyatakan tak ikut campur dalam pemilihan capres dan cawapres. Dia menyatakan hal itu merupakan kewenangan partai politik.