RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Sulawesi Selatan, La Kama Wiyaka, menegaskan bahwa ada potensi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai pohon beringin ini memberikan dukungannya kepada Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi setelah menggelar rapat hari ini, Kamis (25/7/2024).

“Kemungkinan kuat, besok (Kamis) DPP Golkar rapat tetapkan ASS di Sulsel,” kata La Kama, Rabu (24/7/2024), mengutip detikSulsel.

“Semoga, biasanya begitu jika ditetapkan langsung diumumkan. Tapi ini baru kemungkinan, ya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Andi Sudirman-Fatmawati telah resmi mendapat dukungan dari sejumlah partai, seperti NasDem (17 kursi), Demokrat (7 kursi), Gerindra (13 kursi), dan PAN (4 kursi) yang sisa menunggu pengumuman. Jika dijumlah, duet kandidat Pilgub Sulsel itu telah mengantongi 41 kursi.

Hingga saat ini, masih tersisa 30 kursi legislatif dari 5 partai politik parpol di DPRD Sulsel. Masing-masing PDIP (6 kursi), PPP (8 kursi).

Namun, hal berbeda datang dari PKB (8 kursi), PKS (7 kursi), dan Hanura (1 kursi) yang belum menentukan sikap dukungan di Pilgub Sulsel. Ini menjadi tanda tanya apakah akan ikut gabung dengan Koalisi Andi Sudirman-Fatmawati atau membentuk poros baru.