RAKYAT NEWS, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menginstruksikan Bahlil Lahadalia, yang baru saja dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk terus mengoptimalkan potensi sumber daya alam (SDA).

Setelah acara Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin, Bahlil mengatakan, “Saya akan mengambil langkah-langkah untuk mempercepat pengembangan potensi dan produksi sumber daya alam guna meningkatkan pendapatan negara dan menciptakan lapangan kerja.”

Bahlil juga menegaskan bahwa program-program yang telah berjalan baik di masa kepemimpinan Menteri ESDM sebelumnya, Arifin Tasrif, akan dilanjutkan. “Kita akan melanjutkan yang sudah berhasil, dan memperbaiki hal-hal yang perlu perbaikan karena semua ini harus berjalan secara berkelanjutan,” kata Bahlil.

Presiden Jokowi telah melantik Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM dalam acara pelantikan menteri dan kepala badan di Istana Negara, Jakarta, Senin. Pelantikan Bahlil didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 92P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Bahlil, yang merupakan kader Partai Golkar dan pengusaha asal Papua, sebelumnya menjabat sebagai Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak 2019. Sementara itu, Rosan Roeslani telah dilantik sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan posisi Bahlil.