RAKYAT NEWS, BALI – Dalam Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang keenam, diputuskan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan menjadi Ketua Dewan Syuro PKB periode 2024-2029. Keputusan ini diambil dalam rapat pleno Muktamar yang dipimpin oleh Jazilul Fawaid.

Rapat pleno tersebut berlangsung di Ballroom Bali Nusa Dua Convention Center pada Minggu (25/8/2024) malam. Acara ini dihadiri oleh perwakilan 38 DPW (dewan pengurus wilayah) PKB.

“Saya selaku pimpinan sidang, apakah seluruh peserta muktamirin menyetujui Profesor Doktor Kiai Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syuro DPP PKB?” tanya Jazilul yang dijawab setuju oleh peserta muktamar yang lain.

Selain itu, dalam rapat pleno Muktamar keenam juga ditetapkan bahwa Cak Imin akan menjadi Ketua Umum untuk periode selanjutnya. Cak Imin dipercayakan untuk kembali memimpin PKB selama periode 2024-2029.

Sebelum mengambil keputusan, Jazilul meminta persetujuan kepada Cak Imin apakah menerima masukan dari DPW dan DPC terkait mandat tersebut. Cak Imin menyatakan kesediaannya dalam momen tersebut.

“Maka saya menerima permintaan sahabat-sahabat untuk menjadi Ketua Umum PKB 2024-2029,” ungkap Cak Imin.

Jazilul kemudian kembali menanyakan kepada jajaran pengurus apakah mereka setuju Cak Imin memimpin PKB untuk periode selanjutnya.

“Setuju,” jawab peserta Muktamar dengan meriah. Palu pun diketuk Jazilul tanda keputusan itu sah dilakukan.