RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Cucu dari Presiden pertama RI, Soekarno, yakni Romy Soekarno berhasil menjadi anggota DPR setelah dua caleg PDI Perjuangan lainnya mengundurkan diri.

Romy berhasil lolos menjadi anggota DPR setelah dua caleg PDIP, yaitu Sri Rahayu dan Arteria Dahlan, mengundurkan diri.

Hal tersebut tertuang dalam Keputusan KPU No. 1401 Tahun 2024 dan No. 1206 Tahun 2024 yang menetapkan Romy sebagai anggota DPR RI setelah perubahan dan penetapan calon terpilih.

“Menggantikan calon terpilih atas nama Dra. Sri Rahayu (peringkat suara sah ke II, nomor urut 1) karena yang bersangkutan mengundurkan diri dan calon atas nama H. Arteria Dahlan peringkat suara sah ke III, nomor urut 4) karena yang bersangkutan mengundurkan diri,” tulis Keputusan KPU dikutip Rakyat.News, Senin (30/9/2024).

Dalam Dapil Jawa Timur VI, PDIP mampu mendapatkan 2 kursi dari total 9 orang yang berhasil lolos dan meraih suara.

Pulung Agustanto menduduki kursi pertama dengan 165.869 suara, diikuti oleh Sri Rahayu yang seharusnya berada di urutan kedua tapi mengundurkan diri. Kemudian, disusul Arteria Dahlan yang seharusnya di urutan ketiga juga mengundurkan diri.

Kursi selanjutnya dialihkan kepada Romy Soekarno, berada di urutan keempat dengan perolehan suara sebanyak 51.245 suara.

Romy sendiri merupajan anak dari Rachmawati Soekarnoputri, adik dari Megawati Soekarnoputri. Ia juga merupakan mantan suami dari artis Donna Harun sejak 1996 yang kemudian berpisah pada tahun 2018 lalu.