Pemerintah diharapkan turut terlibat dalam memberikan motivasi terkait peningkatan daerah ke depan, dengan dukungan dari lingkungan yang mampu memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter anak-anak dalam menempuh pendidikan.

“Harapan para tokoh masyarakat dan orang tua adalah agar terus memotivasi anak-anak untuk memahami pentingnya pendidikan,” pungkas Ray.

Angka Partisipasi Kasar (APK) menjadi salah satu indikator penting dalam mengukur pencapaian pendidikan di tingkat nasional. APK merupakan perbandingan antara jumlah murid di tingkat pendidikan tertentu dengan jumlah penduduk usia sekolah pada tingkat yang sama, yang diekspresikan dalam persentase.

APK memberikan gambaran mengenai sejauh mana akses pendidikan tersedia bagi anak-anak di Indonesia. Adapun rumus APK untuk berbagai jenjang pendidikan, seperti SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi, juga dijelaskan dalam artikel ini.

Oleh karena itu, perbaikan dalam sistem pendidikan perlu dilakukan secara menyeluruh demi memberikan kesempatan yang lebih luas bagi anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas.