Makassar, Rakyat News – Masyarakat Kota Makassar antusias menyambut program unggulan pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi yang pro terhadap kepentingan rakyat.

Adapun program-program tersebut antara lain, pemerataan pembangunan dengan anggaran Rp50 juta setiap ORT per tahun dan penghapusan retribusi sampah.

Bahkan tidak sedikit warga sudah menanti program unggulan pasangan yang menggunakan tagline Makassar Untuk Kita ini.

Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Andi Luhur Priyanto menilai bahwa, kemampuan keuangan daerah kota Makassar cukup untuk membiayai program ini

“Saya kira cukup memadai lah untuk membiayai program itu. Yang penting basis perencanaannya jelas, sehingga pembiayaannya juga tidak salah sasaran,” kata Luhur saat dikonfirmasi, Rabu (21/2/2018).

Dia mengatakan, sepanjang ada Political will tingkat tinggi, program ini akan mudah dan cepat direalisasikan. Begitupun akan mampu memberikan perubahan yang efektif.

Dia menjelaskan, program ini berkaitan dengan teknis pembiayaan, menggeser basis pembiayaan dari berbasis sektor ke berbasis kewilayahan, seperti tingkat ORT/ORW.

“Selama ini kan misalnya sudah ada anggaran besar untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan sampai di level ORT/ORW,” tuturnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan beberapa program pemberdayaan dan infrastruktur kota berbasis kelurahan, seperti PNPM-MP lalu Kotaku, NUSSP dan PAMSIMAS. Akan tetapi coverage wilayah program ini masih terbatas sehingga, masih terjadi tumpang tindih dan ketimpangan pembangunan.

Olehnya, dengan hadirnya program unggulan Appi-Cicu, dia berharap akan mampu berjalan efktif dan mampu mencapai target pemeratan pembangunan.

“Sebaiknya program berbasis RT/RW itu lebih tepat sasaran dan tidak menduplikasi kegagalan program berbasis donor,” tandasnya.(*)