Sidrap, Rakyat News – Safari politik Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), ke Kabupaten Sidrap, disambut hangat oleh seluruh elemen masyarakat setempat. Baik itu elite parpol, tokoh masyarakat maupun masyarakat biasa tampak menyatu menyambut kedatangan pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar. Mereka juga antusias memberikan dukungan dengan harapan Sidrap maupun Sulsel akan lebih sejahtera kelak.

Tidak terkecuali dengan kalangan ibu rumah tangga atau IRT yang terlihat memenuhi kampanye NH di berbagai titik. Umumnya, para IRT menjatuhkan pilihan kepada NH-Aziz lantaran gagasan dan programnya yang sangat pro-perempuan. “Programnya bagus-bagus. Ya apalagi NH-Aziz kan paling peduli dengan perempuan,” kata salah seorang IRT di Sidrap, Julianti, Kamis, 3 Mei.

Menurut dia, begitu banyak program NH-Aziz yang menunjukkan keberpihakan yang besar kepada perempuan. Salah satu program pasangan nasionalis-religius yang membuatnya jatuh hati adalah program pendidikan dan fasilitas sekolah gratis. Program itu sangat meringankan beban orangtua.

Melalui program perlengkapan sekolah gratis, IRT memang dapat lebih berhemat. Dengan begitu, alokasi anggaran keluarga untuk perlengkapan sekolah gratis dapat ditabung atau digunakan untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

NH sendiri dalam berbagai kesempatan menyampaikan program yang dicanangkannya menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Termasuk untuk perempuan, khususnya IRT, pihaknya menaruh atensi besar.

“NH-Aziz miliki sederet program yang berkaitan dengan perempuan. Begitu pula program kesehatan dan pendidikan, muaranya itu meringankan beban masyarakat, khususnya kalangan ibu rumah tangga,” terang NH.

Sederet program pro-perempuan itu antara lain pelayanan kesehatan reproduksi gratis serta bantuan peningkatan gizi ibu hamil dan balita. Pasangan nasionalis-religius tersebut memberikan perhatian kepada calon ibu dan anak demi terciptanya generasi unggul.

Selanjutnya program layanan kesehatan gratis berbasis KTP serta pendidikan dan fasilitas sekolah gratis, Nurdin menuturkan sejatinya bentuk keberpihakan kepada kalangan ibu. Dengan sederet program itu, sebenarnya kalangan ibu yang paling diuntungkan.

“Kalau suami dan anak sakit, yang repot siapa? Begitu pula kalau ada keperluan sekolah. Itu kan ibu yang paling direpotkan. Makanya, kalau NH-Aziz terpilih, beban masyarakat, khususnya ibu pastinya akan berkurang,” tuturnya.

Tidak berhenti sampai di situ, Nurdin menyebut kepedulian terhadap perempuan akan diwujudkan dalam berbagai kebijakan. Di antaranya yakni NH-Aziz akan mendorong akan penerimaan pegawai bisa mengalokasikan porsi 30 persen untuk perempuan. Itu juga untuk kesetaraan gender. (**)