RAKYAT NEWS, JAKARTA – Politikus PDIP Johan Budi akan meninggalkan partainya setelah dinyatakan lolos tahap administrasi sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). PDIP menghormati keputusan Johan Budi.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Utut Adianto menyatakan bahwa partainya menghargai keputusan Johan Budi untuk mencalonkan diri sebagai capim KPK.

“Sepengetahuan saya, tidak ada komunikasi yang bersangkutan dengan DPP. Tapi kita menghormati sikap yang bersangkutan untuk memilih jalan mendaftarkan diri capim KPK,” katanya, dikutip dari detiknews, Rabu (24/7/2024).

Utut menjelaskan bahwa Johan sebelumnya telah menyatakan niatnya untuk mundur dari PDIP. Selaku Ketua Fraksi PDIP DPR, Johan dipuji sebagai sosok yang memiliki integritas tinggi.

“Beberapa waktu yang lalu memang yang bersangkutan menyampaikan kepada saya, mau mundur dari DPR dan partai karena akan mendaftar mengikuti seleksi pimpinan KPK,” ucapnya.

“Yang jelas, beliau menurut saya adalah man of integrity,” sambungnya.

Sebelumnya, nama Johan Budi, Anggota DPR dari Fraksi PDIP, masuk dalam daftar calon pimpinan KPK yang lolos seleksi administrasi. Johan berencana meninggalkan DPR dan PDIP sebelum proses seleksi berakhir.

“Saya berencana mundur dari DPR dan PDIP, tapi perlu proses pengunduran diri. Paling tidak sebelum proses seleksi di Pansel Capim KPK selesai,” katanya.