RAKYAT NEWS, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengunjungi kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Solo di Surakarta, Jawa Tengah, pada Sabtu (20/7/2024).

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyatakan bahwa kedua partai bertujuan untuk membangun kekuatan politik baru di Solo.

Kaesang menjelaskan bahwa pertemuan dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Surakarta menunjukkan keinginan PSI untuk bekerja sama secara serius.

“Ini salah satu yang ingin kami konkretkan, khususnya di Kota Solo, kami ingin membuat kekuatan baru kolaborasi antara partai PSI dan partai PKS,” kata Kaesang di DPD PKS Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu, seperti dikutip Antara, Minggu (21/7/2024).

Dengan pertemuan ini, Kaesang berharap kerjasama antara PSI dan PKS dapat berjalan lancar di Surakarta.

Ia juga menyampaikan keinginan untuk berkomunikasi dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah.

“Insya Allah pokoknya kami akan lanjutkan terus komunikasi dengan partai partai,” ujar Kaesang.

Pertemuan Kaesang dengan DPD PKS Surakarta merupakan kelanjutan dari komunikasi politik dengan partai yang dipimpin oleh Ahmad Syaikhu tersebut.

Sebelumnya, Kaesang dan Dewan Pimpinan Pusat PSI berjumpa dengan Dewan Pimpinan Pusat PKS di Jakarta, pada hari Senin (8/7/2024). Di sisi lain, Ketua DPD PKS Surakarta, Daryono, menghargai pertemuan dengan Kaesang.

Menurutnya, seharusnya Ketua Umum PSI tidak turun ke level wilayah untuk bertemu dengan pimpinan wilayah.

“Istilahnya level-nya (Kaesang) di atas saya, ya, apalagi beliau juga kemarin habis dari DPP ketemu dengan presiden PKS, saya kira komunikasi ini dalam rangka karena kan beliau memang asli Solo, kita pengin Kota Solo ini biar dibangun ke arah lebih baik,” tutur Daryono.

Daryono yakin bahwa koalisi PKS dan PSI akan menjadi kekuatan yang relevan dalam konteks politik, baik secara nasional maupun di tingkat kota.

“Kita akan melanjutkan komunikasi lebih intensif dengan teman-teman PSI dalam konteks bagaimana nanti langkah ke depan lebih real lebih konkret,” ucapnya.