RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Ali Armunanto, menyatakan bahwa elektabilitas yang tinggi, menjadikan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi mempunyai daya tarik bagi setiap partai politik untuk mengusung mereka dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Jadi elektabilitas dalam survei yang memang cukup tinggi yang kemudian membuat partai-partai tertarik (mengusung Sudirman-Fatma),” ujar Ali.

Selain elektabilitas survei, Ali juga menegaskan bahwa ada juga faktor lain, seperti jaringan partai dan pengalaman keduanya.

“Jaringan politik lebih baik, kemudian salah satu faktornya adalah faktor kapital yang juga cukup mendukung. Sehingga pasangan ini dilirik banyak Partai, (seperti) Demokrat, Gerindra, PAN dan PKB,” ucapnya.

“Misalnya (Sudirman Sulaiman) banyak pengerjaan infrastruktur, perbaikan jalan, Bandara dan segala macam. Begitupun Fatma saat jadi wakil walikota Makassar,” katanya.

Guru Besar Ilmu Politik dan Pemerintahan Universitas Hasanuddin, Armin Arsyad, juga mengatakan bahwa program kerja mereka sebelumnya, memiliki bukti konkret.

“Program kerja itu yang ada di masyarakat terbekas di hati dan benak masyarakat. Itu yang diingat. Apalagi program Andi Sudirman Sulaiman dulu di Sulsel itu memang berpihak ke rakyat,” ucapnya.