RAKYAT NEWS, JAKARTA – Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengungkapkan bahwa Ridwan Kamil memiliki peluang yang cukup besar untuk bersaing dengan Anies Baswedan dalam Pilkada berikutnya.

Dalam konteks persaingan antara Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ketum PSI Kaesang Pangarep, Jerry menilai bahwa Pilkada Jakarta 2024 akan menjadi saingan yang menarik untuk dinantikan.

“Saya lihat body languange Airlangga, dia (Airlangga) akan mengusung Ridwan di Jakarta, dan mendukung Deddy Mulyadi kader Gerindra di Jabar. Jadi wakilnya Ridwan bisa dari Gerindra atau PAN dan kader dari KIM, ” ujar, Jerry kepada Rakyat News, Sabtu (3/8/2024).

Lebih lanjut, jika terjadi pertarungan antara mantan Calon Presiden Anies Baswedan dengan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Jerry meyakini bahwa persaingan dalam Pilkada Jakarta 2024 akan menjadi menarik dan sengit.

“Memang kalau head to head duel seru itu ya mempertemukan Anies dengan Ridwan Kamil-Kaesang,” ujar Jerry.

Jerry menilai baik Anies maupun Ridwan Kamil merupakan tokoh yang berprestasi dengan catatan kerja yang baik dan kapabilitas yang memadai untuk membangun Jakarta.

“Keduanya memang punya banyak prestasi sebagai gubernur. Jadi seru untuk ditunggu,” tuturnya.

Namun demikian, menurut Jerry, kemenangan dalam Pilkada tidak hanya ditentukan oleh calon gubernur semata. Menurutnya, faktor calon wakil gubernur juga memiliki peran penting dalam kesuksesan sebuah pasangan calon.

Jerry menilai Kaesang memiliki daya tarik yang kuat di kalangan pemilih, terutama mereka yang berasal dari generasi Z dan milenial.

“Kaesang juga punya jaminan yang baik, khususnya pemilih muda. Selain itu, Jokowi juga masih punya kekuatan dengan membawa KIM jika bersatu,” kata dia.