RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Charta Politika Indonesia (CPI) mengumumkan hasil survei kandidat calon gubernur Sulawesi Selatan 2024.

Terlihat dari 10 nama yang dimasukkan, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) menempati posisi kedua setelah Andi Sudirman Sulaiman.

Hasil Survei Charta Politika Indonesia Elektabilitas Calon Gubernur Jelang Pilgub Sulsel
Hasil Survei Charta Politika Indonesia Mengenai Elektabilitas Calon Gubernur Jelang Pilgub Sulsel Bulan Juli 2024

AIA yang menempati posisi kedua dengan presentase 9,9 persen terus melejit Andi Sudirman Sulaiman yang berada di posisi pertama dengan hasil 15,4 persen.

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Bappilu Gerindra Sulsel, Harmansyah mengatakan bahwa hasil usaha sosialisasi kader Gerindra selama satu bulan cukup signifikan.

Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei hanya selisih 5,5 persen dengan Andi Sudirman yang terbilang incumbent dan sudah cukup lama melakukan sosialisasi dibandingkan AIA.

“Ini hasil kekompakan usaha kader Gerindra dalam kurun satu bulan yang cukup signifikan. Ini membuktikan banyak masyarakat menginginkan Andi Iwan sebagai gubernur,” kata Harmansyah kepada Rakyat News, Selasa (6/8/2024).

Tak hanya itu, Konsultan Politik dan juga Direktur Lembaga Kerja Penelitian Publik, Andi Sri Wulandani menilai bahwa selisih perbandingan hasil survei AIA dengan Andi Sudirman tidak terlalu tebal.

Dengan selisih 5,5 persen, kata Wulan, AIA masih bisa menaikkan elektabilitasnya. Apalagi yang belum menentukan pilihan pada hasil survei itu masih menyentuh angka 24 persen.

“Selisih elektabilitas Andi Sudirman dengan Andi Iwan Darmawan Aras 5,5 persen. Selisih ini tidak terlalu tebal. Maka selama 5 bulan ke depan, masih potensi terjadi dinamika perubahan dengan catatan AIA melakukan kerja-kerja menaikkan elektabilitasnya,” ungkap Wulan kepada Rakyat News.