RAKYAT NEWS, JAKARTA – Pengusaha jalan tol Jusuf Hamka yang akrab disapa Babah Alun mengungkapkan bahwa ia tidak akan terlibat dalam politik lagi setelah menyampaikan pengunduran diri sebagai kader Partai Golkar atas saran dari keluarganya.

“Saya tidak akan mengikuti politik lagi. Saran keluarga saya, saya mengundurkan diri dari politik,” kata Jusuf Hamka usai menyerahkan surat pengunduran diri di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, dikutip dari Kompas.com, Senin (12/8/2024).

Jusuf juga menyatakan bahwa pendapat dari teman-temannya juga menyarankannya untuk mundur dari dunia politik.

“Semua bilang, mundur dari politik,” katanya.

“Saya pikir untuk ikut di partai politik telah berakhir dan saya telah menjadi rakyat biasa, warga biasa, sesuai keinginan rakyat dan guru-guru saya. Namun demikian, saya tetap berkiprah terutama di bidang sosial,” tambah dia.

Surat pengunduran diri Jusuf Hamka diterima oleh staf Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Paulus, yang bernama Yuli.

Jusuf menyatakan bahwa ia akan berhubungan dengan Airlangga Hartarto, yang baru-baru ini juga mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar.

“He (Airlangga) is my best friend, buat saya pertemanan adalah pertama, kesetiaan utama buat saya,” kata Jusuf Hamka.

Jusuf berharap agar Partai Golkar bisa berkembang menjadi partai yang lebih matang dan memiliki kedewasaan politik yang tinggi.

“Menjadi partai yang mandiri, tidak terombang-ambing lagi, karena Golkar partai yang sudah mengakar 60 tahun lebih,” tambahnya.

Saat tiba di DPP Golkar, Jusuf Hamka menunjukkan surat pengunduran dirinya yang ditulis dengan tulisan tangan.

“Suratnya sederhana, kemarin saya buat di Bandung,” kata Jusuf Hamka.