RAKYAT NEWS, JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat PKB memberikan isyarat bahwa mereka akan mengumumkan kandidat calon gubernur yang akan didukung di berbagai daerah penting termasuk Jakarta sebelum Muktamar ke-6 PKB pada 24-25 Agustus mendatang.

“Calon-calon kepala daerah memang sedang diagendakan waktunya akan diumumkan dan diserahkan kepada masing masing calon sebelum muktamar,” kata Waketum PKB Jazilul Fawaid di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (12/8).

Di sisi lain, Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi Teknologi DPP PKB, Ahmad Iman Sukri, mengungkapkan bahwa nama calon gubernur yang akan didukung oleh PKB dalam Pilkada Jakarta telah diidentifikasi dengan jelas.

Iman juga menyebutkan inisial-inisial calon gubernur yang berpotensi diusung oleh PKB untuk bersaing merebut kursi Jakarta 1.

“Yang penting ada A nya, lah. Ada A nya kan banyak,” kata Iman sambil tertawa di DPP PKB, Jakarta, Senin.

Iman juga mengonfirmasi bahwa inisial R atau RK juga memiliki potensi untuk diusung oleh PKB sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024.

“Ada juga,” seloroh Iman.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda menyatakan bahwa PKB telah lama tidak berkomunikasi dengan PDIP mengenai Pilkada Jakarta 2024.

Kendati demikian, Huda menyebut partainya akan segera berkomunikasi dengan PDIP jika PKB telah mengambil sikap soal Pilkada Jakarta 2024.

“Sudah lama enggak komunikasi. Sudah lama enggak komunikasi,” tutur Huda di Kantor DPP PKB.

“Semoga begitu desk pilkada DPP akan mengambil sikap, pasti kita akan hubungan dengan partai-partai yang dianggap sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh PKB,” sambungnya.

Lebih lanjut, Huda menegaskan bahwa persaingan Pilkada Jakarta 2024 masih sangat dinamis dengan berbagai kemungkinan.

Beliau juga menyebutkan bahwa PKS telah membuka peluang untuk menarik dukungan dari Anies Baswedan sebagai calon gubernur meskipun sebelumnya telah mendeklarasikan dukungan.