RAKYAT NEWS, MAKASSAR – Dukungan politik terhadap pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2024 semakin menguat.

Ketua DPW PKS Sulsel, Amri Arsyid, menyatakan bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS cenderung mengusung pasangan Sudirman-Fatma.

“PKS cenderung realistis dalam melihat kontestasi politik di Sulsel. Kami berharap tidak ada pertarungan kotak kosong dan demokrasi tetap berjalan sehat,” ujarnya, Selasa kemarin (13/8/2024).

Keputusan ini mengindikasikan bahwa PKS lebih memilih untuk mendukung Sudirman, meskipun sebelumnya empat bakal calon gubernur lainnya telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan pada 22 Juli lalu.

Dalam perkembangan lainnya, Ketua DPW PAN Sulsel, Ashabul Kahfi, mengonfirmasi bahwa partainya juga akan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Rekomendasi kepada pasangan Sudirman-Fatma pekan depan.

PAN, yang hasil pembicaraan internalnya dengan DPP telah mencapai kesepakatan untuk mendukung pasangan ini, akan memberikan SK sebagai bentuk formal dukungan.

“Tinggal penyerahan SK-nya yang mungkin menyesuaikan waktu masing-masing aja,” ungkapnya.

Dengan dukungan kuat dari PKS dan PAN, serta beberapa partai besar lainnya seperti Nasdem, Golkar, Gerindra, Demokrat, PSI, dan Hanura, pasangan yang berakronim “Andalan Hati” ini kini memiliki dukungan dari total 43 kursi di DPRD Sulsel.

Sebaliknya, pasangan Danny Pomanto-Azhar Arsyad, yang diklaim diusung oleh PKB, PDIP, dan PPP, hanya mengumpulkan 22 kursi. Dukungan kuat ini semakin memperkuat posisi Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2024. (*)