RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Partai Golkar akan melakukan Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih ketua umum baru untuk kepengurusan periode 2024-2029.

Munas akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Selasa (20/8) malam setelah dilakukan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) sejak pagi.

“Tadi malam saya dapat laporan semuanya berjalan dengan baik, pelaksanaan Rapimnas dan Munas saya kira akan sesuai dengan apa yang kita harapkan,” kata Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK), mengutip CNNIndonesia.com.

Satunya calon yang akan bersaing untuk posisi ketua umum adalah Bahlil Lahadalia, Menteri ESDM yang baru saja dilantik. Hanya nama ini yang lolos verifikasi dari Steering Committee (SC)

Peserta lainnya seperti Ridwan Hisjam, yang telah mendaftar, tidak memenuhi syarat.

“Ya, kalau hanya satu kader Partai Golkar yang memang disahkan dianggap lolos dari persyaratan atau dianggap memenuhi persyaratan ya saya kira beliau akan menjadi calon tunggal dan akan segera kita tetapkan dalam Munas ini,” kata AGK.

Kehadiran Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto di Munas diumumkan oleh AGK. Selain itu, diharapkan eks Wakil Presiden Jusuf Kalla akan turut hadir dalam sesi penutupan.

“Insya Allah mereka berdua [Prabowo dan Jokowi] akan datang dalam penutupan Munas,” kata AGK.