RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Partai Gerindra secara resmi mendukung bakal pasangan calon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2024.

Pasangan yang menggunakan jargon ‘Andalan Hati’ ini menerima B1-KWK yang oleh Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani di Kantor DPP Partai Gerindra, Jumat (23/8/2024).

Akademisi Universitas Hasanuddin sekaligus Pengamat Politik, Dr Andi Ali Armunanto, menilai Andalan Hati menerima dukungan dari Gerindra merupakan buah hasil lobi politik dari Andi Amran Sulaiman, yang tidak lain kakak kandung dari Andi Sudirman Sulaiman.

“Ini hasil kemampuan lobi politik dari Andi Amran. Faktor Amran yang punya akses lebih luas di pusat,” kata Ali kepada Rakyat News, Jumat (23/8/2024).

Menurut Ali, sedari awal Andi Sudirman Sulaiman tidak dapat dilepas dengan dua nama besar di balik majunya sebagai calon Gubernur Sulsel.

Dua nama itu, kakak kandungnya yang juga Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman dan Pengusaha terkenal asal Kalimantan Selatan yang juga punya Bos dari Jhonlin Group, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam.

Sehingga kata Ali, ketika ada lawan kontestasi Andi Sudirman di Pilgub Sulsel, ia akan berhadapan dengan dua nama besar tersebut.

Sedangkan yang saat ini akan berhadap dengan Andi Sudirman di Pilgub Sulsel adalah Wali Kota Makassar dua periode, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang telah diusung oleh partai PKB, PDIP dan PPP.

“Kalau kita sebut nama Sudirman pasti yang muncul di kepala itu dua nama, Haji Isam dan Amran. Jadi pertarungannya nanti bukan hanya Danny dan Sudirman, tapi kedua sosok oligarki ini,” ungkap Ali.