RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, telah mengeluarkan permintaan kepada para kader partainya agar tidak ikut campur dalam urusan partai politik lain dan menjauhi komentar-komentar terkait hal tersebut. Paloh menegaskan agar para kader lebih berfokus pada urusan internal partai.

“Kita tidak perlu merecoki rumah tangga partai-partai lain, kita tidak usah mencampuri dan mengomentari partai-partai lain. Kita urus diri kita sendiri,” kata Paloh saat pidato di Kongres ke-III NasDem, Jakarta, Selasa (27/8/2024), mengutip CNNIndonesia.com.

Ia menegaskan bahwa NasDem bukanlah kelompok orang yang tidak jujur di tengah lingkungan demokrasi Indonesia yang riuh.

Selain itu, Paloh juga mengingatkan agar seluruh kader NasDem tidak terperangkap dalam pragmatisme kepentingan individu semata.

“Yang bermuara pada materialistik dan kekuasaan semata,” ucap dia.

Dia juga mengkritik tajam ‘petualang politik’ yang hanya menggunakan partai sebagai alat untuk kepentingan pribadinya.

Paloh menekankan kepada seluruh kader NasDem di masa kepemimpinannya selanjutnya untuk menghindari perilaku semacam itu.

“Jangan coba-coba. Masuk partai, dapat jabatan di partai, bahkan merusak partai. Apa ini? Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Tapi tidak mulai saat ini saya memimpin kembali partai ini,” ujarnya.

Surya Paloh kembali dipilih sebagai Ketua Umum Partai NasDem untuk periode 2024-2029.

Pemilihan ini diumumkan dalam rapat pleno ketiga Kongres ke-III NasDem yang diadakan di JCC, Jakarta pada Selasa (27/8/2024).

“Menetapkan Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem periode 2024-2029,” kata Sekretaris Majelis Tinggi, IGK Manila membacakan keputusan Majelis Tinggi NasDem.