RAKYAT NEWS, JAKARTA – Prabowo Subianto yang terpilih sebagai Presiden, mengucapkan terima kasih kepada PKS dan PKB yang pada Pemilihan Presiden 2024 awalnya tidak mendukungnya, namun kemudian bergabung dengan Prabowo. Prabowo berharap PKB akan tetap solid dalam koalisi.

“Sama PKS, ayo. Terima kasih bergabung. PKB terima kasih bergabung, jangan pergi lagi tapi. Bergabung terima kasih,” ujar Prabowo dalam sambutan penutupan Kongres ke III NasDem, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Pada awalnya, dalam Pemilihan Presiden 2024, PKB mendukung Prabowo sebagai calon Presiden untuk periode 2024-2029.

Namun kemudian PKB beralih mendukung Anies Baswedan, sementara Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dijadikan calon wakil Anies.

Setelah mendapatkan dukungan dari PKB, NasDem, dan PKS yang sebelumnya berseberangan, Prabowo sekarang hanya menunggu partai atau pihak lain yang ingin bergabung.

“Sekarang aku nunggu, mana yang mau gabung lagi,” ucapnya.

Prabowo juga menyatakan bahwa tidak masalah jika semua pihak mendukung pemerintahan. Ia menganggap bahwa Indonesia berbeda dengan Eropa.

“Ada mengatakan ini gimana koalisi gemuk banget. Bangsa kita besar. Bangsa Indonesia sama dengan Eropa. Eropa 27, negara, 28. Kita satu negara. dan Persaingan bangsa-bangsa, sampai mereka mengatakan kalau elite Indonesia bisa bekerja sama, can collaborate, Indonesia sangat sulit dibendung,” ujarnya.

“Kita harus kerjasama, kita harus collaborate, jangan kita ikut-ikut budaya lain. Budaya barat, atau budaya mana. Itu suka oposisi, gontok-gontokan, oposisi nggak mau kerja sama. Itu mungkin budaya mereka,” ujarnya.