Politisi perempuan kelahiran Makassar 27 Oktober 1983 ini juga setidaknya boleh saya katakan telah mencetak dua sejarah sekaligus. Yakni: hattrick dan brace. Meminjam istilah dalam sepakbola terkait jumlah gol yang disarangkan ke gawang lawan.

 

Sejarah telah dibuat. Jika resmi dilantik 24 September 2024, maka ini menjadi periode ketiga kalinya alias “hattrick” bagi jebolan FKG Universitas Hasanuddin ini terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel. Periode pertamanya di Pemilu 2014, ia mengantongi 25.314 suara. Lalu Pemilu 2019 ia melanjutkan karir politiknya di periode kedua dari Dapil Sulsel I dengan meraih 28.421 suara. Dan Pemilu 2024, mengantarkan kembali Cicu terpilih periode ketiga dengan perolehan hampir dua kali lipat dari sebelumnya menjadi 46.375 suara.

 

Sejarah telah dibuat. Dengan amanah sebagai Ketua DPRD Sulsel 2024-2029 Cicu mencetak “brace”, menjadi perempuan kedua yang memimpin DPRD Sulsel secara beruntun dalam kurun waktu satu dekade. Sebelumnya Andi Ina Kartika Sari, politisi partai Golkar. Dan keduanya sosok perempuan bangsawan Bugis yang masuk dalam circle ‘darah biru” jejak keluarga politisi legendaris yang cukup berpengaruh di daerah ini.

 

Berdasarkan catatan silsilah keturunan, La Maddaremmeng (yang menyiarkan agama Islam di Bone) merupakan kakek buyut dari Andi Cicu dari garis keturunan ayahnya, Andi Muhammad Iqbal. Selain itu, lebih jauh menarik garis keturunan, Cicu juga merupakan cucu dari Jenderal M.Jusuf dari garis keturunan Petta Kajuara.

 

“La Maddaremmeng ini adalah kakek buyut dari Andi Cicu, kakeknya inilah yang menyiarkan agama Islam di Bone,” terang Andi Sulaeman yang juga merupakan keturunan dari Raja Bone ke-13.

 

Tak hanya mengunjungi makam dari keluarga ayahnya, Cicu juga berziarah ke makam keluarga dari garis keturunan ibunya, Nurhayati Sirajuddin. Ia mengunjungi makam Manggasali Daeng Paraga, Bapak dari mantan Bupati Gowa, H.M Arief Sirajuddin yang tak lain adalah kakek Cicu. Pamannya, Ilham Arief Sirajuddin adalah politisi senior yang mantan Walikota Makassar dua periode.