RAKYAT.NEWS, TAKALAR – Calon Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, sekali lagi menegaskan komitmennya untuk terus memajukan pembangunan di Sulsel saat berkampanye di Kabupaten Takalar, Rabu (2/10/2024).

Dihadapan masyarakat Rumpun Galesong, turut hadir tokoh adat setempat, M Roem, serta Ketua Partai Gelora Sulsel, Syamsari Kitta, Andi Sudirman mengenang perjuangan dalam pembebasan lahan untuk proyek penting Bendungan Pammukulu.

Bendungan tersebut kini menjadi sumber irigasi bagi 7.000 hektare lahan pertanian di Takalar, hal ini tak lepas dari kerja sama erat antara Andi Sudirman dan Syamsari Kitta, yang pernah menjabat Bupati Takalar 2017-2022.

“Kami bahu-membahu dalam menghadapi tantangan, termasuk menghadapi demo masyarakat. Meski kami tidak hadir saat peresmian, peran kami sebagai pejuang awal akan selalu dikenang,” katanya.

Reaksi antusias dari masyarakat yang menghadiri acara tersebut, memberikan dukungan penuh kepada Andi Sudirman, dengan seruan ‘Oppoki,’ yang artinya ‘terpilih dua kali untuk memimpin’ dalam bahasa Indonesia.

Selain prestasinya di Takalar, Kabupaten Luwu juga memberikan dukungan yang kuat, mengakui peran penting kepemimpinan Andi Sudirman dalam pembangunan infrastruktur di daerah mereka.

Andi Muhammad Arham Basmin, Ketua DPD NasDem Luwu, menyoroti bahwa selama bertugas sebagai gubernur, Andi Sudirman mampu membawa aspal pertama kali ke kawasan dataran tinggi Bastem (Basse Sangtempe’).

“Keluarga kami di Bastem tidak pernah merasakan aspal hingga Andi Sudirman memimpin. Pembangunan jalan di wilayah tersebut menjadi bukti nyata kontribusi beliau terhadap kemajuan Luwu,” ujar Arham.

Dibawah arahan Andi Sudirman, Kabupaten Luwu menerima alokasi dana infrastruktur sebesar Rp1,2 triliun, yang digunakan untuk membangun jalan-jalan penting, memperbaiki sistem irigasi, serta mendirikan dua jembatan vital, yaitu Jembatan Ilan Batu dan Jembatan Poringan, yang menghubungkan Luwu dengan Toraja.

Selain infrastruktur, sektor pertanian, kelautan, dan perikanan juga mendapat perhatian, dengan distribusi benih, bibit kakao, dan program penanaman mangrove.

Semua upaya ini merupakan bagian dari tekad Andi Sudirman dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Luwu.

Dengan pencapaian ini, warga Takalar dan Luwu yakin bahwa Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi dapat membawa Sulawesi Selatan ke arah pembangunan yang lebih maju dan berintegritas.