RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, menyiapkan program untuk menjawab kebutuhan fasilitas masyarakat pulau dan pedesaan.

Sebagai juru bicara, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, Andi Sudirman sejauh ini telah menunjukkan kepedulian bagi masyarakat pulau ketika menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya.

“Beliau telah membangun penerangan jalan umum tenaga surya di Pulau Samalona serta mengupayakan layanan penyediaan listrik dari 16 jam perhari menjadi 24 jam perhari di Pulau Lae-Lae di Tahun 2022 meskipun masih menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD),” ujarnya, Sabtu (5/10/2024).

Andi Sudirman, lanjut Ramli, juga memberikan bantuan pemasangan listrik PLN gratis di pulau utama. Hal itu, dimulai sejak 2022 dengan menyasar 347 rumah tangga.

“Program tersebut memang dijalankan untuk meningkatkan akses listrik di wilayah pedesaan yang belum terjangkau oleh jaringan listrik konvensional,” kata Ramli.

Ramli mengatakan, Andi Sudirman-Fatmawati bakal terus meningkatkan akses listrik kepada masyarakat yang berada di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan kepulauan, seperti penggunaan Jaringan Kabel Listrik Bawah Laut, PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu), dan mikrohidro sebagai pilihan teknologi yang akan digunakan.

“Andalan Hati telah menyiapkan program, salah satunya yaitu meningkatkan akses listrik di kepulauan dan wilayah pedesaan melalui pengembangan energi terbarukan,” ucapnya.

Program itu, menurutnya, bakal menjadi penunjang energi di daerah-daerah terpencil dengan memastikan listrik yang andal dan berkelanjutan, mengurangi ketergantungan pada PLTD, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang memiliki potensi pariwisata.

“Program ini juga untuk penanggulangan desa sangat tertinggal, sekaligus pemerataan pembangunan yang berkeadilan. Adapun untuk masyarakat kurang mampu di pulau utama, akan diberikan bantuan pasang baru listrik PLN secara gratis,” tandasnya.