RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset terhadap elektabilitas setiap pasangan calon di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan.

Hasil riset menunjukkan bahwa pasangan calon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi, berada pada posisi pertama dengan perolehan mencapai 61,4 persen.

Sedangkan, untuk pasangan calon Mohammad Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad, mendapat angka survei sebesar 12,9 persen.

“Tingkat keunggulan elektabilitas di atas jika di breakdown di berbagai segmentasi pemilih, maka mayoritas pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi mengungguli berbagai segmen,” kata Direktur CPI-LSI, Hanggoro Doso Pamungkas, Minggu (20/10/24).

“Survei ini juga menggambarkan tingkat kepuasan terhadap kinerja incumbent (petahana), yang mencapai 74,3 persen, serta tingkat keinginan untuk memilih kembali incumbent sebesar 64,0 persen. Hal ini sejalan dengan hasil survei yang menunjukkan persepsi responden terkait keberhasilan Pemprov Sulsel mencapai 73,3 persen,” ujar Hanggoro.

Hanggoro menambahkan, CPI dan LSI Denny JA bertujuan untuk memetakan kecenderungan sikap dan perilaku pemilih di Sulsel, serta menganalisis faktor-faktor penting yang memengaruhi pilihan-pilihan tersebut.