Dari sisi pemerintah, lanjutnya menyarankan agar diperlukan kebijakan pemihakan nyata, baik berupa regulasi maupun anggaran. Sementara dari sisi pengusaha, diharapkan mampu dpt menyalurkan dana2 CSRnya.

“Tapi pemerintah harus dapat dipercaya dan mampu memberi informasi tentang manfaat yg akan didapatkan oleh mereka. Termasuk pemerintah harus mampu meyakinkan perbankan agar bersedia menyalurkan kreditnya pada program-program pemerintah yang direncanakan,” ucapnya.

Hal yang menarik dari program itu, menurut Marzuki DEA sangat menguntungkan masyarakat dan daerah. Yakni, meningkatkan perekonomian kerakyatan, daerah dan menekan angka pengangguran.

Dijelaskan Marzuki DEA, dampak positif program ini jika dilakukan secara efektif. Maka bukan hal yang tidak mungkin untuk meningkatkan ekonomi daerah.

“Dampak positif dengan keberhasilan penerapan program pemerintah tersebut, akan memudahkan upaya pengurangan jumlah pengangguran, peningkatan pendapatan dan daya beli, serta pengurangan jumlah penduduk miskin,” tandasnya. (*)