Bantaeng, Rakyat News – Pasangan Calon Bupati Bantaeng, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) melakukan sosialisasi di Kecamatan Tompobulu, Jumat, 2 Maret. Sejumlah tokoh masyarakat hadir dalam pertemuan itu.

Warga dan tokoh masyarakat satu per satu memberikan masukan untuk pasangan IlhamSAH. Salah satunya adalah perhatian terhadap potensi wisata di kecamatan Tompobulu.

“Seperti di Pa’taneteang ada potensi wisata alam. Tetapi belum dikelola dengan baik,” jelas tokoh masyarakat Desa Pa’taneteang, Arsyad, Jumat, 3 Maret.

Mantan kepala desa dua periode ini mengaku kawasan wisata alam ini cukup menarik. Tetapi sayangnya, sangat kurang warga yang datang ke tempat itu. “Yang datang hanya penduduk lokal saja,” kata dia.

Dia berharap Ilham Azikin bisa mengelola potensi wisata ini. Apalagi, Ilham Azikin pernah menjadi kepala Dinas Pariwisata di Maros dan memperkenalkan potensi wisata karst Rammang-rammang.

“Saya yakin Pak Ilham bisa mempromosikan wisata ini. Apalagi, potensi wisata ini bisa membuka lapangan kerja baru,” jelas dia.

Ilham Azikin mengaku, pengelolaan wisata adalah salah satu dari puluhan program visi dan misi pasangan IlhamSAH. Menurut dia, potensi wisata adalah salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup besar.

“Kita bersyukur Pak Bupati Nurdin Abdullah telah membuat infrastruktur yang baik. Tinggal kita jaga dan kembangkan lagi,” kata dia.

Dia mengakui, Bantaeng bukan lagi sekadar menjadi tempat transit. Sekarang, Bantaeng sudah menjadi tempat tujuan wisata.

“Tinggal bagaimana kita mempromosikan wisata itu,” kata dia.

Dia menambahkan, potensi wisata juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Hanya saja, pemerintah harus melakukan pengembangan wisata dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

“Jadi warga mendirikan home stay. Sisa diberikan permodalan sehingga turia asing pun ingin tinggal di rumah mereka,” jelas dia.