Maros, Rakyat News – Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), melakukan kampanye tatap muka dan dialogis di Desa Tanate, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Senin, 12 Maret. Di tempat itu, NH memaparkan visi misi dan program kerjanya bila kelak diamanahkan memimpin Sulsel.

Kampanye terbatas juga diisi dengan sesi tanya jawab dengan NH. Beberapa warga Desa Tanate mengeluhkan berbagai hal, termasuk invasi minimarket hingga pelosok desa yang mematikan usaha kecil. Sebagai tokoh koperasi nasional, NH diharapkan mampu memberikan solusi.

Salah seorang warga Desa Tanate, H Duddin, menaruh asa agar NH menghidupkan kembali Warung Serba Ada atau Waserda yang diinisiasi oleh Koperasi Unit Desa (KUD). Waserda dinilai akan lebih baik untuk masyarakat karena memang dimiliki rakyat, bukannya konglomerat.

“Bapak kan tokoh koperasi, pernah pimpin koperasi di sini (Sulsel) dan waktu itu ekonomi bagus. Dulu di KUD, ada namanya Waserda, saya minta itu dihidupkan lagi pak. Soalnya sekarang banyak masuk minimarket hingga ke pelosok desa,” keluh H Duddin.

Menurut dia, dibangkitkannya kembali Waserda yang dimiliki oleh rakyat dapat berimplikasi pada perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Taraf hidup masyarakat diharapkan dapat meningkat. Adapun keberadaan minimarket tentunya hanya menguntung pemodal.

Merespons keluhan itu, NH menjanjikan akan kembali membangkitkan Waserda, sebagaimana komitmennya menghidupkan kembali KUD. Toh, semua itu selaras dengan program ekonomi kerakyatan yang diusungnya. NH-Aziz diketahui menggagas keberadaan koperasi dan BUMDes di tiap desa.

Menurut NH, KUD yang memang masih memungkinkan untuk dihidupkan kembali akan diberikan kepercayaan. Nantinya, koperasi dan BUMDes bersama kelompok tani yang diamanahkan mengelola alur distribusi komoditas strategis. Dengan demikian, seluruh harga komoditas strategis terjamin stabil. (*)