Bulukumba, Rakyat News – Calon Wakil Gubernur Sulsel Aziz Qahhar Mudzakkar melanjutkan tahapan kampanye di Kabupaten Bulukumba. Di Tanah Panritalopi, Ustaz Aziz menyempatkan berkunjung di Pasar Sentral Bulukumba, Kamis, 26 April 2018.

Tampak pasangan Nurdin Halid itu mendengarkan sejumlah keluhan dari pedagang dan masyarakat setempat. Tak sedikit aspirasi dan harapan pedagang didengarkan oleh mantan legislator dua periode tersebut.

Keluhan yang banyak didengarkan oleh Ustaz Aziz adalah maraknya kehadiran jaringan ritel waralaba. Terus menjamur, ritel-ritel mulai dikeluhkan pedagang mikro dan kecil, karena mematikan usaha.

“Tak sedikit padagang mikro dan kecil yang gulung tikar karena kehadiran ritel-ritel tersebut. Ini yang akan kita batasi nantinya,” ucap Aziz.

Ia menjelaskan, usaha masyarakat kecil, khususnya di desa-desa dan di kampung-kampung tak boleh mati karena sulitnya bersaing dengan jaringan ritel. Usaha pedagang lokal, kata Ustaz Aziz, merupakan salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat.

“Perlu dilakukan pembatasan. Misalnya cukup buka di wilayah perkotaan saja, jangan masuk di desa-desa atau di kampung-kampung,” kata dia.

Ustaz Aziz berharap, pembatasan jaringan ritel tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya para pedagang mikro, kecil dan menengah. (*)