Komitmen Ichsan bahkan dipuji Syahrul Yasin Limpo. Gubernur Sulsel dua periode yang penuh dengan prestasi. Pujian dilontarkan Syahrul, bukan karena Ichsan adalah adiknya. Tapi, karena komitmen Ichsan sudah banyak terbukti.

“Pak Ichsan tidak akan main akal-akalan. Ayah kami pejuang yang mengajarkan komitmen. Negara ini bukan ajang coba-coba. Jangan beraksi yang tidak beres,” tegas Syahrul.

“Saya tahu betul karakter adik saya. Mari kerja yang baik-baik. Sulsel ini propinsi yang terkemuka di Indonesia harus diurus oleh orang yang bersih, punya pengalaman dan bicaranya baik,” pungkasnya.

Sejak dulu, Ichsan Yasin Limpo memang dikenal pantang lari dari komitmen. Termasuk dalam posisi tersudut sekalipun, ia tak akan menghianati atau menarik perkataan yang keluar dari mulutnya.

Bukan hanya komitmen, mantan Bupati Gowa dua periode ini punya ketegasan dalam bersikap. Ia tak mengenal istilah plin-plan, atau mengubah keputusannya. Apalagi tunduk di bawah telunjuk “cukong”.

Karena komitmen dan ketegasan Ichsan Yasin Limpo inilah, membuat ia sering dijuluki “Mister Komitmen”. Tak ada istilah tawar menawar jika itu berkaitan dengan pernyataan tentang rakyat. Ia rela menjadi “bulan-bulanan” kritikan di awal, asal komitmennya tak dilanggar.