MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Capres dan Cawapres di TPS 31 Kelurahan Pabaeng Baeng Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada hari Sabtu 24 Februari 2024.

Pantauan awak media, tampak antusias warga Kelurahan Pa’bareng-baeng, yang terdiri 39 (RT) dan 10 (RW) yang menaungi jumlah penduduk 20.731 jiwa di Kecamatan Tamalate Kota Makassar mendatangi TPS 31 sejak pukul 07.00 WITA.

“Alhamdulillah antusias warga berbondong-bondong mendatangi TPS 31 menyalurkan hak pilihnya sebagai warga negara Indonesia,” ungkap Ketua KPPS TPS 31 Kelurahan Pabaeng-baeng Kecamatan Tamalate Salahaddin Alayu di Makassar.

Menurut Salahuddin, pihak KPU Makassar sudah mempersiapkan logistik yang diperlukan termasuk memberikan informasi jauh hari kepada warga untuk datang melakukan PSU di TPS 31 Kelurahan Pabaeng-Baeng Kecamatan Tamalate Makassar, pukul 08:00 hingga 13:00 Wita.

“Diinformasikan 4 hari yang lalu kepada warga untuk datang ke TPS pukul 08:00 wita, sabtu 24 februari 2024. jumlah DPT yang ada di sini 266. Yang di ulang adalah capres dan cawapres,” katanya.

Salahuddin menambahkan, digelarnya PSU Capres dan Cawapres di TPS 31 Kelurahan Pabaeng-baeng berdasarkan keputusan Bawaslu Makassar kepada KPU Makassar menyusul ditemukannya kesalahan tertukarnya suara DPT berdasarkan Absensi.

“Murni disebabkan kesalahan dari TPS dan dari teman-teman KPPS mungkin kurang cepat sehingga salah memasukan absen yang tadinya dari DPD masuk ke DPT akhirnya absennya tertukar sehingga di lakukan pemungutan suara ulang,” katanya.

Sementara itu salah warga peserta (PSU) di TPS 31 Kelurahan Pabaeng-Baeng. Agus Nogroho yang diwawancarai awak media mengaku kecewa dengan carut marutnya penyelanggaraan Pemilu 2024.

Meski demikian, Ia berharap pelaksanaan PSU oleh KPU di sejumlah wilayah Makassar dapat berjalan aman dan lancar meski berbeda pilihan.