RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Ketua DPD Demokrat Sulsel, Ni’matullah, menegaskan bahwa bagi siapa saja bakal calon kepala daerah yang ingin mendapatkan rekomendasi, maka harus paham mekanisme partainya.

“Perlu diketahui sudah ada surat edaran Sekjen Partai Demokrat tentang mekanisme pengusungan Cakada,” kata Ni’matullah kepada Rakyat News, Senin (8/7/2024).

Terlebih saat ini, tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sudah mulai berjalan. Semua partai politik, akan memberikan rekomendasi kepada kandidat yang diinginkannya.

Salah satu poin penting yang menjadi syarat memperoleh rekomendari dari DPP, kata Ni’matullah, yakni dengan adanya restu dari DPD terlebih dulu.

“Intinya, tanpa melalui (ketua) DPD, maka tidak akan ada proses (rekomendasi) di DPP terkait hal itu,” ucapnya.

“Pastinya (Tidak ada peluang bagi kandidat tanpa melalui DPD),” imbuhnya.

Sebelumnya, Munafri Arifuddin alias Appi menemui Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Saya kemarin ketemu di Surabaya, di acara nonton voli. Saya ketemu dulu siangnya, ketemu sama Andi Arief sama Andi Alfian, kita ngobrol lalu pergi ke acara pertandingan voli di Surabaya. Di sana, ketemu dengan SBY dengan ketua umum Pak AHY dengan beberapa petinggi Demokrat,” ucap Appi kepada wartawan, Senin (8/7/2024).

Appi harapkan Demokrat kembali memberikan rekomendasi dan mengusung dirinya seperti yang terjadi di Pilwalkot sebelumnya.

“Pada dasarnya karena Pilwalkot lalu kita sama-sama. Sehingga, tidak ada salahnya kalau kita sama-sama lagi. Walaupun, kalau dengan Demokrat saja tentu belum cukup untuk mengusung,” kata Appi.

Diketahui pada Senin 1 Juli 2024 lalu, DPD Demokrat Sulsel telah memberikan surat tugas untuk dua kandidat, yakni Abdul Rahman Bando dan Adi Rasyid Ali.

Namun, Adi selaku Ketua DPC Demokrat Makassar, merespons positif pertemuan antara Appi dengan SBY dan AHY.

Adi mengatakan, ia akan saling melengkapi dengan Appi karena mereka merupakan sahabat lama. “Appi dan saya sahabat lama,” ujarnya kepada Rakyat News, Senin (8/7/2024).