RAKYAT.NEWS, TAKALAR – Karya Andi Sudirman Sulaiman ketika menjabat sebagai gubernur Sulawesi Selatan pada periode 2021-2023 sangat diapresiasi oleh sejumlah kelompok masyarakat Kabupaten Takalar.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Sudirman masih dinantikan kelanjutannya, seperti pembangunan tanggul pengaman abrasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Takalar.

Saat menjabat sebagai Gubernur, Andi Sudirman mengalokasikan dana untuk membangun 7 tanggul pengaman pantai di Sulsel, salah satunya berada di Takalar, tepatnya di Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang.

Sebelum pembangunan tanggul pengaman abrasi, pemakaman umum di Desa Punaga terkena dampak abrasi yang mengakibatkan beberapa makam hilang. Di antara makam yang terkena dampak adalah Kompleks Makam I Sabbelo’mo Daeng Takontu, yang merupakan pemakaman keluarga Raja Sultan Hasanuddin.

Pada tahun 2022, Pemprov Sulsel mengalokasikan dana sebesar Rp 15 miliar untuk membangun talud pengaman abrasi di Takalar, termasuk di Desa Palalakkang, Desa Mappakalompo, Desa Bontokanang. Tahun berikutnya, pada 2023, dana sebesar Rp 25 miliar dialokasikan untuk pembangunan 4 talud penahan abrasi di Takalar.

Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Takalar telah mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Andi Sudirman – Fatmawati Rusdi dalam Pilgub 2024.

Ketua Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Kabupaten Takalar, Daeng Naba, mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kerja dan perhatian yang telah diberikan oleh Andi Sudirman kepada masyarakat Takalar selama masa jabatannya.

“Kami dari Komunitas Bentor, Ojek, dan Becak di Kabupaten Takalar mendukung Bapak Andi Sudirman dan Ibu Fatmawati, semoga terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel,” ujar Daeng Naba.

Oleh karena itu, Daeng Naba berharap agar pasangan Andi Sudirman – Fatmawati Rusdi mampu menang dalam kontestasi Pilkada Sulsel 2024 untuk kemudian dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Takalar.