RAKYAT.NEWS, PALOPO – Saat menjabat sebagai gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengalokasikan sekitar Rp 1,2 triliun APBD untuk wilayah Luwu Raya, yang terdiri dari Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Palopo, M Jaya, menyatakan kesaksiannya tentang kepedulian Sudirman terhadap Luwu Raya.

Oleh karena itu, Jaya menyatakan dukungannya terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan – Hati) di Kota Palopo.

Ia memuji pembangunan yang telah dilakukan oleh Andi Sudirman sebagai bukti nyata kontribusinya untuk Provinsi Sulawesi Selatan, terutama dalam pembangunan Luwu Raya.

“Kami siap untuk bekerja memenangkan Andalan – Hati untuk Sulawesi Selatan, di Kota Palopo,” katanya.

Pembangunan tersebut antara lain meliputi Pembangunan Jalan Ruas Bonglo – Pantilang dengan dana dari Pemprov Sulsel TA 2022 dan 2023 sebesar Rp 39 Miliar, untuk pengaspalan sepanjang 10,6 Km.

“Alhamdulillah, kita telah membangun sekitar Rp 1,2 Triliun selama kepemimpinan kami di Sulsel. Hal itu sebagai wujud untuk komitmen bagaimana membangun yang berkeadilan. Saya hanya inginkan adalah dimana setiap waktu saya adalah bermanfaat hanyak untuk masyarakat saya,” ucap Andi Sudirman.

“Teman-teman yang di Bastem Utara itu kalau mau sekolah susah, akhirnya sekarang sudah dilewati,” lanjutnya.

Jalan ini menghubungkan Palopo – Luwu – Toraja melalui Palopo – Latuppa – Bonglo – Pantilang – Rantepao, membuka akses ke daerah terisolir di wilayah bastem dan sekitarnya, serta mempercepat distribusi hasil pertanian ke Kota Palopo.

Selain infrastruktur, Andi Sudirman juga memperhatikan sektor perikanan, kelautan, pertanian, pendidikan, dan sektor lainnya. Ia juga berhasil mengalihkan kepemilikan Bandara Sorowako dari perusahaan asing menjadi milik Pemprov Sulsel setelah puluhan tahun.

“Saya ingin membantu semua masyarakat kita, bukan untuk kepentingan saya. Tapi untuk kesejahteraan masyarakat Luwu Raya pada khususnya. Apa yang saya inginkan adalah bagaimana kita berdaulat di tanah kita sendiri,” tegas Sudirman.

Andi Sudirman, yang akrab disapa Andalan, memberikan apresiasi terhadap semangat relawan yang mendukungnya dalam pembangunan di Sulawesi Selatan.

“Makanya saya tidak bisa berjalan sendiri, itulah relawan fungsinya. Bukan hanya untuk memenangkan, tetapi memiliki visi dan misi untuk mewujudkan bagaimana Sulsel Maju dan berkarakter,” jelasnya.

“Kita saling mendoakan, mari kita laksanakan kerja-kerja ini dengan damai, dengan baik. Sulsel Maju dan berkarakter, Andalan Hati ini adalah bagaimana saya inginkan Sulawesi Selatan ini melaksanakan pemilihan dengan cara yang aman dan damai dengan menjunjung teguh prinsip Sipakatau, Sipakalebbi, dan Sipakainge (saling menghormati, menghargai, dan mengingatkan),” pungkasnya.