Toraja, Rakyat News – Dua kali Pilgub Sulsel, Tana Toraja selalu ikut menjadi penentu kemenangan untuk Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang). Dan tahun ini, kabupaten tujuan wisatawan itu ingin mengulangi dengan mencoblos nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Gambaran keberpihakan Tana Toraja dan Toraja Utara ke pasangan nasionalis ini, terbukti saat Ichsan Yasin Limpo menyasar dua daerah ini selama dua hari, 3-4 Mei 2018.

Memulai dengan pertemuan pengurus Badan Pekerja Sinone (BPS) Gereja Toraja di Rantepao, lalu menutup dengan silaturahmi pengurus Partai Berkarya dan ratusan mahasiswa di Tana Toraja, Jumat (4/5/2018) sore.

Dari rentetan kunjungan dan kampanye tertutup IYL, sangat jelas jika masyarakat di Toraja tak ingin jauh dari pasangan usungan koalisi rakyat ini. Lintas tokoh, politisi dan komunitas berikrar memberi dukungan.

Keberpihakan duo Toraja juga sangat nampak dengan kehadiran sejumlah politisi yang partainya mengusung kandidat lain. Ada eks pentolan PDIP, eks pengurus Golkar, eks pengurus PDS, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan komunitas rakyat.

Bukan hanya itu, sejumlah pentolan dan elemen pemenangan Sayang Jilid I dan II juga secara terang-terangan memberi dukungan ke IYL-Cakka di Toraja. Seperti Kapal Induk, FKPPI, Oto Komandan, maupun jaringan Sayang lainnya.

Amunisi baru juga berpihak ke pasangan ini. Seperti Demokrat yang di Pilgub 2013 total mendukung Ilham-Aziz, kini menunjukkan soliditas memenangkan IYL-Cakka. Begitu pun sejumlah tokoh berpengaruh yang kini berkiprah di Perindo dan Berkarya, ikut mempertegas komitmennya.

Anggota DPRD Toraja Utara, Hasten Bangri menegaskan, penerimaan pasangan yang dikenal dengan perpaduan komitmen, tegas dan merakyat ini berbeda dari tiga kandidat lainnya. Sehingga, lanjutnya, tidak susah bagi tim untuk menggalang dukungan elektoral kepada pasangan IYL-Cakka.