Dalam suervy atau penelitian kali ini, LSJI mengunakan teknik sampling/acak dengan metode multistage random sampling pada populasi jumlah DPT di Sulsel. Survei ini mempunyai Tingkat kepercayaan 95 % dan pada margin of error kurang lebih 2,7,%.

Selain itu, LSJI juga menemukan temuan, yang ternyata publik Sulsel yang puas dengan kinerja Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat ini mencapai: 66,7 persen.

Sementara itu, yang puas dengan kinerja Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang saat ini: 69,3 persen. Secara kuantitatif, angka kepuasan gubernur relatif tinggi karena berada jauh di atas 50 persen. Begitu pula, tingkat kepuasan wakil gubernur cukup baik karena di atas 50 persen.

“Dalam teori perilaku pemilih, tingkat kepuasan gubernur memang lebih tinggi dari wakil gubernur. Hal ini wajar lantaran peran gubernur lebih dominan ketimbang wakil gubernur. “Tetapi justru ini terbalik publik lebih puas dengan kinerja wakil Gubernur, ini diartikan kalau Syahrul Yasin Limpo sebagai Gubernur pada kepemimpinannya pada periode kedua banyak memberi peran pada wakilnya,” papar Herlina.

Dari temuan survei lainnya, ternyata sebanyak 61.96 persen responden belum  mengetahui akan ada pemilihan langsung Gubernur – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada Juni 2018 mendatang. Hal ini menandakan bahwa publik belum mendapatkan sosialisasi Pilkada sebanyak 38.04 persen. Padahal  Pilkada tinggal 8 bulan lagi.

Adapun sifat atau kriteria gubernur yang diharapkan bisa memimpin Provinsi Sulawesi Selatan lima tahun ke depan? Jawaban para responden: Jujur (21,36 persen), terbukti kinerjanya (20,37 persen), merakyat (16,85 persen), dan berpengalaman (10,36 persen).

”Empat sifat yang cenderung dominan ini penting untuk diperhatikan mengingat hal itu adalah harapan publik terhadap karakter pemimpin lima tahun mendatang,” pungkasnya. (**)