RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) secara resmi telah menetapkan nomor urut untuk pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Sulsel.

Pasangan calon Danny Pomanto dan Azhar Arsyad (DIA) diberikan nomor urut 1, sementara pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi  (Andalan Hati) mendapat nomor urut 2.

Penetapan nomor urut dalam Pemilihan Gubernur Sulsel dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang diadakan di Hotel Claro, Makassar, Senin (23/9/2024).

Proses pengundian dimulai dengan pengambilan nomor antrean untuk menentukan urutan pengambilan nomor urut.

Pengambilan nomor antrean dilakukan oleh masing-masing bakal calon wakil gubernur. Azhar memperoleh bola nomor 2 sementara Fatma memilih nomor 7.

Dengan demikian, pasangan calon yang mendapat kesempatan untuk menarik nomor undian lebih dulu adalah Danny-Azhar, diikuti oleh Sudirman-Fatma.

Hasilnya, Danny-Azhar memilih nomor urut 1, sementara pasangan Andalan Hati mendapatkan nomor urut 2.

Calon Gubernur Sulsel nomor urut satu, Danny Pomanto, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa perbedaan pandangan dan pilihan merupakan hal yang biasa, apalagi dalam hal kontestasi seperti pilkada 2024 ini memunculkan gagasan-gagasan dari para cal0n yang dapat menentukan arah Sulsel selama lima tahun edepan.

“Kita boleh berbeda (pilihan) dalam ruangan ini karena memang harus berkompetisi dalam gagasan, tapi kita harus Bersatu untuk membangun Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Sementara itu, Calon Gubernur Sulsel nomor urut dua, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mengarungi kontestasi Pilgub 2024 ini.

”Dengan mengucapkan Bismillah, Izinkan kami pasangan Andalan Hati maju dengan nomor urut dua untuk maju dalam Pilgub Sulsel 2024,” bebernya.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, mengatakan pengundian nomor urut kedua calon ini merupakan rangkaian terakhir dari tahapan pencalonan yang dimulai sejak bulan Mei 2024 lalu.