RAKYAT.NEWS, MAKASSAR – Lembaga Survei Script Indonesia (SSI) merilis hasil survei Pilgub Sulsel 2024. Dalam survei tersebut, pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) mendominasi dibandingkan dengan pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Azhar Arsyad (DiA).

Survei terbaru dilakukan pada bulan September 2024 menunjukkan bahwa Andalan Hati unggul dengan elektabilitas 65,24 persen, sedangkan DiA hanya mencapai 16,10 persen.

Juru Bicara Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim menekankan bahwa hasil survei tersebut menunjukkan dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan Andalan Hati yang dianggap berpengalaman dan mampu membangun Sulsel menjadi lebih maju.

“Sesuai dengan tagline yang Andalan Hati usung yaitu Sulsel Maju dan Berkarakter. Kami meyakini survei ini adalah bentuk kepercayaan masyarakat terhadap keinginan Andalan Hati untuk memimpin Sulsel,” kata Ramli, Selasa (24/9/2024).

Ramli menyebut, walau selalu menjadi unggulan dalam survei, pihak Andalan Hati tetap berusaha untuk memperoleh dukungan sebanyak mungkin dari masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya memiliki target untuk memenangkan hingga 75 persen suara.

“Kami akan terus bekerja maksimal sesuai dengan target Andalan Hati yang ingin memburu kemenangan hingga mencapai 75 persen,” tegasnya.

Berdasarkan hasil survei, SSI tidak hanya menunjukkan elektabilitas kedua pasangan calon, tetapi juga basis dukungan yang mereka miliki.

Pasangan Andalan Hati unggul di 23 kabupaten/kota di Sulsel, sementara pasangan DiA hanya unggul tipis di Kota Makassar.

Keunggulan yang diraih oleh Andalan Hati dalam survei ini, menurut SSI, disebabkan oleh status petahana Andi Sudirman dalam Pilgub Sulsel.

SSI menyatakan bahwa masyarakat Sulsel sejauh ini merasa puas dengan kinerja Andi Sudirman selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel pada periode 2021-2023.

“Mayoritas masyarakat Sulsel puas dengan kinerja Andi Sudirman Sulaiman,” demikian laporan SSI untuk hasil survei Pilgub Sulsel terbaru mereka di bulan September 2024.