RAKYAT.NEWS, TANA TORAJA – Sebanyak 26 anggota DPRD Tana Toraja, mendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Kami tidak bisa memungkiri sejumlah capaian pembangunan yang telah dilakukan oleh Pak Andi Sudirman selama ini, khususnya di Toraja. Inilah yang menjadi alasan kuat kami mendukungnya,” ujar anggota DPRD Tana Toraja, Kendek Rante.

Pembangunan yang dimaksud, kata Kendek, mencakup sektor infrastruktur, pertanian, dan pariwisata.

Infrastruktur dan Pertanian

Menurut Juru Bicara pasangan calon Andalan Hati, Muhammad Ramli Rahim, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama untuk memperlancar konektivitas di wilayah Toraja. Beberapa ruas jalan utama yang dibangun di Toraja Utara seperti Jembatan Malango, ruas jalan Rantepao-Pangalla, dan jalan Buntao-perbatasan Tana Toraja.

Sementara di Tana Toraja, pembangunan jalan strategis seperti Passobbo-Matangli-Massupu dan akses menuju objek wisata Ollon menjadi fokus utama.

“APBD Provinsi Sulsel telah dialokasikan untuk memperkuat konektivitas di Toraja, termasuk akses jalan menuju bandara dan objek wisata utama seperti Lembah Ollon,” jelas Ramli.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur ini menjadi tulang punggung perekonomian dan pariwisata di wilayah Toraja.

Tak hanya infrastruktur, sektor pertanian juga menjadi perhatian khusus Andi Sudirman.

Program Mandiri Benih yang diluncurkan selama kepemimpinannya telah memberikan manfaat nyata bagi para petani di Toraja.

Ribuan kilogram benih padi unggul dibagikan secara gratis kepada petani, di samping bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian), pupuk cair, dan pengembangan irigasi.

Peran Fatmawati Rusdi dan Dukungan NasDem

Kehadiran Fatmawati Rusdi sebagai calon Wakil Gubernur, turut memperkuat dukungan politik terhadap pasangan Andalan Hati. Sebagai tokoh yang berasal dari Partai NasDem, Fatmawati memiliki pengaruh besar di kalangan anggota DPRD Tana Toraja yang juga berasal dari partai tersebut.