RAKYAT.NEWS, Jakarta – Setelah PKS resmi menyatakan dukungan untuk Anies Baswedan dalam pemilu 2024, tim relawan yang tergabung dalam Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) meminta agar Sekretariat Bersama atau Sekber NasDem – PKS – Demokrat segera didirikan.

”Keputusan PKS, Partai Nasdem dan Partai Demokrat untuk mencapreskan Anies Baswedan merupakan jawaban atas doa dan aspirasi masyarakat yang menginginkan terjadinya perubahan agar kehidupan rakyat lebih baik,” ujar Sekjen SKI Raharja Waluya Jati dalam keterangannya, Selasa, 31 Januari 2023 dilansir dari Tempo.co.

Menurut SKI, pendirian sekber sebagai bentuk peresmian ikatan kerjasama dalam koalisi dan menjadi sekber wadah konsolidasi parpol serta masyarakat pro-perubahan.

Dukungan secara resmi NasDem, PKS, dan Demokrat terhadap Anies Baswedan menurut Jati, membuat dukungan dari masyarakat yang menginginkan terjadinya perubahan semakin tak terbendung.

Selain itu, Jati menyebut dukungan ketiga partai ini juga memastikan ketercukupan syarat formil bagi pencapresan Anies Baswedan. Jati menyebut terdapat kerja besar yang harus segera dikerjakan oleh koalisi dan relawan Anies pasca resminya pemberian dukungan tersebut.

”Kami perlu meyakinkan publik luas tentang perlunya memanfaatkan perhelatan demokrasi di tahun 2024 sebagai momentum untuk melakukan perubahan menuju Indonesia yang adil, makmur, dan berkeadilan sosial,” kata Jati.

 Diketahui, Senin, 30 Januari 2023, koordinator tim kecil Koalisi Perubahan dari PKS Sohibul Iman menyampaikan pesan dari Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf kala menyambanginya di Istanbul, Turki. Dia mengatakan, Salim punya dua pesan untuk menjawab pertanyaan di benak publik soal pencapresan Anies Baswedan maupun kepastian bergabung ke Koalisi Perubahan.

Salim, kata dia, menegaskan bahwa PKS konsisten jadi bagian dari koalisi partai pengusung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Sehingga, koalisi yang bakal dinamai Koalisi Perubahan ini bisa memenuhi ambang batas presiden sebesar 20 persen.