RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Saat ini beredar di Media Sosial pesan singkat bocoran susunan kandidat Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Pasca pengumuman KPU pada bulan Maret 2024.

Dalam pantauan rakyak.news, ada nama-nama kementrian yang berubah dalam kabinet tersebut seperti pada bidang Energi, Infrastruktur, Hilirisasi dan Lingkungan Hidup. Ada Kementrian Agraria Tata Ruang dan Kehutanan yang sebelumnya dengan nama Kementrian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional.

Pada Kementrian ATR dan Kehutanan kandidat calon menteri yang terkuat masih akan dipercayakan kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan didampingi oleh Wakil Menteri ATR/Kehutanan Raja Juli Antoni.

Sedangkan pada Kementrian Desa dan Transmigrasi, Ada mantan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko yang menjadi salah satu kandidat Menteri dan Asman Abnur dari Partai Partai Amanat Nasional menjadi Wakil Menteri.

Selain itu, ada nama Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang masuk dalam kandidat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Maruarar Sirait kandidat sebagai Menteri Koperasi dan UKM.

Kemudian, ada Budisatrio Djiwandono politikus Partai Gerindra kandidat terkuat yang Menjadi Menteri Lingkungan Hidup dan ada Ketua Tim Kampanye Nasional Rosan Roeslani dalam kandidat menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk kandidat Menteri Komunikasi dan Informatika masih ada nama Budi Arie Ketua Umum Pro Jokowi (Projo).

Masih banyak lagi bocoran kandidat-kandidat Menteri dan Wakil Menteri untuk Kabinet Prabowo-Gibran ada nama lama maupun nama baru yang diprediksi menduduki kursi Menteri.

Menanggapi hal tersebut Wakil Komandan Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Immanuel Ebenezer menanggapi hal tersebut.

“Saya enggak bisa menjawab hal yang masih spekulatif,” kata Immanuel ketika dikutip dari tempo.co Selasa, 26 Maret 2024.

Pernyataan Noel, sapaan akrabnya, itu menanggapi poster soal nama-nama tokoh yang bakal menduduki jabatan pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. Di awal poster itu, tertulis “Update Top 3 Kandidat Menteri & Wakil Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Pasca Pengumuman KPU Maret 2024”.

Dalam poster berlatar biru muda itu, terdapat 8 bagian kandidat menteri, yakni:

– Kandidat Menteri Koordinator
– Kandidat Menteri Triumvirat
– Kandidat Menteri Pendukung Kerja Presiden
– Kandidat Menteri Bidang Perekonomian dan Investasi
– Kandidat Menteri Bidang Perekonomian dan Investasi
– Kandidat Menteri Bidang Pangan, Gizi dan Pembangunan Manusia
– Kandidat Menteri Bidang Energi, Infrastruktur, Hilirisasi dan Lingkungan Hidup
– Kandidat Menteri Bidang Politik Hukum dan Keamanan

Dari 8 bagian itu, terdapat total 59 menteri. Ada sejumlah nama menteri yang saat ini masih menjabat hingga nama-nama menteri baru. Masing-masing jabatan berisi tiga nama yang menjadi kandidat dalam mengisi posisi tersebut.