RAKYAT.NEWS, Makassar – Dua petinggi partai, Surya Paloh dan Prabowo Subianto baru saja menyelesaikan pertemuannya di Hambalang, Bogor, Minggu, 5 Maret 2023. Prabowo Subianto menjawab pertanyaan wartawan mengenai peluang NasDem bergabung ke koalisi yang digagas Gerindra.

“Kita sudah bicara luas dan cukup mendalam semua masalah dan kesimpulannya kita bekerja sama dalam arti kita punya nilai-nilai yang sama kita bertekad untuk menjaga suasana yang damai, sejuk, dan rukun,” ujar Prabowo dilansir Detik.com, Minggu, 5 Maret 2023

Prabowo menyebut baik dirinya maupun Surya Paloh sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing.

“Soal koalisi soal capres cawapres kita sudah sepakat bakal menghormati keputusan politik masing-masing. Kita menghormati apapun keputusan pak Surya Paloh, mereka (NasDem) pun akan menghormati keputusan politik kami,” terangnya.

Keduanya diketahui bertemu selama 2 jam. Mereka sempat membahas perlunya rivalitas.

“Tadi sebetulnya pembicaraan sangat sangat cair. Setelah kita makan siang, kemudian kita minum kopi dan saya berbicara cukup luas, cukup mendalam, kita dapat suatu kesimpulan-kesimpulan tertentu. Kita sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing,” kata Prabowo.

“Kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, dalam keadaan rukun, dalam keadaan bersatu. Bahwa persaingan rivalitas itu perlu. Bahwa juga kita tidak boleh takut dengan oposisi, tapi oposisi harus oposisi yang selalu konstruktif,” ujarnya.