RAKYAT.NEWS, Makassar – Masyarakat Anti Fitnah Indonesia atau Mafindo Makassar didukung google.org mengelola pelajar dan Lansia di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel dalam kegiatan Sekolah Kebangsaan (SK) dan Akademi Digital Lansia (ADL) yang berlangsung Jumat dan Sabtu, 17-18 Maret 2023.

Dalam kegiatan yang berlangsung dua hari di Kota Wisata Toraja ini, pelajar peserta Sekolah Kebangsaan yang berjumlah 101 orang diajari bagaimana menjadi pemilih kritis, Lansia peserta Akademi Digital Lansia sebanyak 80 orang diajari cara melindungi data pribadi dan memahami keamanan digital.

Dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu, 19 Maret 2023 menyebutkan dua kegiatan yang masing-masing berlangsung di SMKN 4 dan Gereja Jemaat Kasimpo ini adalah program Tular Nalar dari Mafindo.

AF Astrid, ketua Mafindo Kota Makassar mengurai, antara lain materi yang diajarkan kepada pelajar selaku pemilih pemula terkait dengan pemilu adalah bagaimana menjadi pemilih kritis, cerdas dan memberi pemahaman tentang demokrasi dan kenapa pelajar juga harus memilih.

Sementara kepada Lansia diberikan pemahaman antara lain mengenai apa itu data pribadi, bagaimana melindungi data pribadi, kenapa data pribadi tidak boleh dibagi, modus-modus pencurian data pribadi dan praktik cek fakta.

Ketua Mafindo Makassar ini mengaku bersyukur karena dua program Tular Nalar itu berjalan lancar.

“Saya berharap kegiatan Sekolah Kebangsaan dan Akademi Digital Lansia tidak berhenti di kegiatan ini saja tetapi bisa dilanjutkan oleh peserta dengan cara melatih dan mengedukasi teman-temannya yang lain, yang belum sempat mengikuti dua kegiatan,” ucap Astrid.