RAKYAT NEWS, JAKARTA – Merespon Partai Demokrat soal Cak Imin gabung ke Koalisi Nasdem Soal Anies Baswedan Gandeng Muhaimin Iskandar jadi Cawapres, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukmanul Hakim menyebutkan Cak Imin sosok yang terbuka dengan semua perkembangan politik.

“Ya kalau Gus Imin kan hampir setiap hari diskusi ya, terkait dengan situasi poros pilpres. Saya kira beliau orang yang cukup positif untuk menilai setiap perkembangan,” kata Lukmanul kepada wartawan di rumah dinas Cak Imin, Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2023).

Lukmanul mengatakan PKB tengah mendengar semua aspirasi yang masuk terkait duet ini. Semua pertimbangan perlu dibicarakan dengan setiap pihak.

“Jadi tentu ya kita lihatlah perkembangan ke depan ini seperti apa, kita masih nunggu juga reaksi dari temen-temen juga seperti apa termasuk ke teman-teman wartawan,” kata dia.

PKB juga diketahui melakukan rapat malam ini usai kabar Anies dan Cak Imin menguat. Lukmanul tak merinci lokasi rapat internal dilaksanakan.

“Kami mendengar dari berita. Tentu PKB menyikapi situasi ini mau dirapatkan dulu. Ya, rapat malam ini khusus internal PKB saja,” kata Lukmanul.

Lukman menyebut wacana duet itu harus diperbincangkan dengan semua pihak. Menurutnya masih ada waktu sampai pendaftaran capres dan cawapres Oktober mendatang, perlu pertimbangan matang.

“Ya tentu yang pertama membincangkan situasi yang sedang hangat karena kita juga baru mendengarnya lewat pemberitaan. Kita tadi baca beberapa media memang banyak sekali yang mengangkat isu terkait Anies- Cak Imin,” tutur Lukmanul.

“Karena kita tahu bahwa proses terkait Pilpres ini pendaftarannya pun masih panjang, masih cukup banyak waktu untuk menimbang-nimbang. Supaya tidak buru-buru mengambil langkah,” sambungnya.