RAKYAT.NEWS,JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya merespon pernyataan PKB bahwa para ulama di Jawa Timur telah memberikan dukungan kepada Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai calon wakil presiden mendampingi bacapres Anies Baswedan.

“Pertama kami hanya bisa mengucapkan selamat sudah dapat jodoh, enggak jomblo lagi. Kemudian kalau soal sikap, sudah saya sebutkan berulang kali, saya tegaskan lagi di sini tidak ada calon atas nama NU. Jadi kalau ada calon itu kredibilitasnya sendiri, kapasitasnya sendiri, track record-nya sendiri dan seterusnya. Tidak ada calon atas nama NU,” katanya, Sabtu (2/9/2023).

“Kalau ada klaim kiai-kiai PBNU merestui itu sama sekali tidak benar, karena tidak pernah ada sama sekali pembicaraan di PBNU mengenai calon sama sekali, sama sekali nggak pernah ada pembicaraan di PBNU tentang calon-calon presiden,” sambungnya

Gus Yahya menyatakan, pembahasan soal capres-cawapres merupakan domain partai politik. Hal itu pun di luar dari kapasitas PBNU sebagai organisasi keagamaan dan kemasyarakatan.

“Silakan berjuang untuk mendapatkan kepercayaan rakyat, tapi saya ulangi sekali lagi tidak ada calon atas nama NU,” katanya.

Sebelumnya, Politisi PKB, Abdul Rokhim alias Cak Rokhim mengungkapkan, proses Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menerima tawaran menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Anies Baswedan terbilang sangat cepat.

“Ini komunikasinya sangat cepat. Ini mungkin takdir ya, takdir yang menjodohkan antara Pak Anies dengan Gus Muhaimin. Karena prosesnya memang sangat cepat, jadi komunikasinya ini begitu ada tawaran dari Nasdem, PKB menyambut baik, akhirnya dirapatkan,” tutur Cak Rokhim Live YouTube Trijaya FM, Sabtu (2/9/2023).

“Ya dalam satu, dua hari kemarin. Kemudian ada tawaran, kemudian kemarin pagi digelar rapat pleno di DPP PKB di Kantor PKB di Jakarta oleh jajaran Dewan Syuro dan Tanfiz,” sambung Cak Rokhim.

Menurut Cak Rokhim, jajaran PKB di Surabaya pun turut langsung menggelar rapat serupa pada sore harinya dengan melibatkan lebih banyak lagi internal partai.

“Sekaligus melibatkan para ulama dari berbagai pesantren di Jawa Timur, karena budaya kita adalah kita mendengarkan nasihat para ulama para kyai terkait langkah-langkah strategis yang diambil oleh PKB,” jelasnya.

Cak Rokhim mengatakan, pihaknya mendapatkan masukan dari para ulama dan kyai, hingga akhirnya menyepakati tawaran Nasdem untuk menyiapkan Cak Imin menjadi bacawapres Anies Baswedan.

“Secara bulat para elit PKB dan perwakilan DPW sepakat untuk menerima pinangan dari Nasdem dengan menduetkan Pak Anies dengan Gus Muhaimin ini. Ini amanat dari mukhtamar PKB bahwa Gus Muhaimin harus maju dalam pemilu 2024 nanti. Dan ini ada pintu yang terbuka, kesempatan yang baik, dan akhirnya tentu berdasarkan istikhoroh para kyai karena begitu mendapatkan tawaran dari Nasdem, Ketum dan para elit PKB lainnya langsung meminta sowan ke para kyai, keliling,” tandasnya