Singgung Ridwan Kamil

Masinton pun menjawab pertanyaan Wakil Ketua Bidang Mobilisasi Pemilih Partai Golkar Ridwan Kamil (RK) yang akan bergabung dengan PDIP dan menjadi cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Dia tidak membenarkan atau membantah pernyataan tersebut. Namun, dia hanya membenarkan nama RK dan tokoh lain seperti Menko Polhukam, Mahfud MD; Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa; dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam incaran cawapres Ganjar.

“Artinya bahwa di antara nama-nama tadi ya mungkin, ya bisa saja. Tapi kan kita tidak tahu, kan keputusannya juga nanti. Ya kita tunggu saja kapan ada breaking news nya,” kata Masinton.

Masinton juga tak memungkiri, partainya sangat membutuhkan suara di Pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat yang juga merupakan wilayah “dikuasai” RK. Sementara itu, RK juga menyebut suara Ganjar di Jabar sangat lemah.

Masinton pun memastikan pihaknya akan menerima RK jika mantan Gubernur Jawa Barat itu memutuskan bergabung dengan PDIP. Namun, dia mengaku belum mendengar kabar kepindahan RK dari Golkar ke timnya.

Di sisi lain, ia juga menegaskan, jika wacana tersebut sampai terjadi, maka PDIP tidak ada niat untuk merebut RK dari partai sebelumnya. Masinton mengatakan, selama RK bukan calon presiden atau ketua partai, maka tidak ada kendala bagi partai lain untuk menerima RK.

“Ya Alhamdulillah, mau bergabung ke PDIP ya welcome lah, kan gitu. Kalau mau bergabung ya,” ujarnya.

Sebelumnya, RK sempat menyampaikan akan ada berita terhangat pada pekan depan. Pernyataan itu disampaikannya usai masa jabatannya di Jabar berakhir. Sedangkan Ridwan Kamil telah menyelesaikan masa jabatannya selama lima tahun. Posisinya diambil alih oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.