RAKYAT.NEWS, JAKARTA – PDIP masih mengkaji sejumlah nama kandidat yang akan menjadi pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

“Pak Mahfud Md iya, Pak Sandiaga Uno sudah dicalonkan PPP, kemudian Bung RK, iya. Kan tidak ada yang salah, itu benar semua yang disebutkan,” kata Said dilansir dari CNNIndonesia.com.

Ridwan Kamil (RK) merupakan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, sementara Sandiaga Uno adalah Kepala Pemenangan Pemilu PPP. Mahfud MD berasal dari kalangan independen yang tak asing dengan keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).

Said mengatakan keputusan akhir mengenai cawapres pendamping Ganjar Pranowo merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Sesuai dengan amanat kongres, itu kewenangan penuh Ibu Ketua Umum,” ucap Said.

Sebelumnya, Politikus PDIP, Deddy Yevry Sitorus juga menyatakan kandidat cawapres Ganjar sudah mengerucut ke tiga nama.

Deddy hanya mengungkap dua di antara tiga nama tersebut antara lain Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Pasti ada Ridwan Kamil, ada Pak Mahfud, ada yang lain juga gitu loh,” kata dia.

Deddy menyebut PDIP tetap membuka peluang terhadap nama-nama lain. Menurut dia, penentuan satu nama cawapres Ganjar akan melihat dinamika yang berkembang.

Satu nama cawapres Ganjar, lanjut dia, akan dibahas dan diputuskan Megawati Soekarnoputri bersama para ketua umum koalisi dari PPP, Perindo, dan Hanura.

“Ada beberapa nama yang sedang didalami di kita. Nanti bersama ketua umum partai lain, bersama Pak Ganjar, apakah di antara itu sudah pasti jadi wakil? Ya kita jangan mendahului takdir, bisa saja berubah,” ucapnya.