RAKYAT.NEWS, JAKARTA – Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau kerap disapa Cak Imin menyakini dengan menambah anggaran desa minimal 5 Miliyar dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan SDM di tingkat Desa.

“Ini harus terus diberi fasilitas insentif untuk lebih maju Keinginan saya menambah anggaran Desa minimal 5 miliar buat desa lebih maju lagi,” ucap Cak Imin di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Minggu (21/01/2024).

Cak Imin mengatakan kearifan masyarakat desa ini harus terus dijadikan seluruh tata kelola yang tumbuh dari kultur yang kuat yang harus dijaga.

“Bahakan menjadi kekuatan daya tarik wisata di mana-mana,” tutur Cak Imin.

Dalam debat tersebut, Cak Imin menganggap paradigma pembangunan yang gagal pada jaman Orde Baru dikarenakan membangun dimulai dari atas bukan dari Desa.

“Dari bawah kita yakin akan tumbuh kehidupan kemasyarakatan ekonomi sosial budaya yang akan terus terjaga dan lestari,” katanya.

Oleh karena itu, sejak mengawali undang – undang pembangunan desa yang diikuti dengan penerapan dana desa.

“Yang terus meningkat dari tahun ke tahun akan terbangun infrastruktur dan transformasi desa dari Desa maju dan mandiri,” tutur Cak Imin.

Ia meriset, sudah 13 000 melalui berbagai kegiatan wirausaha yang tumbuh seperti, Pertanian, Peternakan..

“Ekonomi kreatif tumbuh di desa sehingga orang tertarik di desa jadi infrastruktur beres, pembangunan sarana prasarana tumbuh kegiatan ekonomi memadai dan desa terjaga menjadi komunitas yang membanggakan,” pungkasnya.

Sehingga, ia dapat memastikan masyarakat desa tidak lagi tertarik menjadi urbanisasi.

“Tapi cukup kembali ke desa membangun desa untuk pembangunan,” kilas, Cak Imin.