RAKYAT NEWS, MAKASSAR – DPW Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan bahwa telah menemukan adanya dugaan kehilangan suara dari sejumlah Calon Legislatif (caleg) yang mereka usung dari hasil Sirekap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Direktur Saksi Partai NasDem Sulsel, Mario David, mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan dari keresahan masyarakat berupa sejumlah potongan foto atau capture terkait adanya dugaan kehilangan caleg yang diusung, khususnya di tingkat DPR-RI.

“Sejak kemarin, pukul 07.00 hingga 08.00 Wita, ini ada penurunan semua suara-suara caleg partai NasDem khususnya yang ada di DPR-RI, ada Fatmawati Rusdi, Rudianto Lallo, Mario David, Ibnu Tenri, Nasir, Asmar Usman dan Karaeng Kebo,” ungkap Mario dalam press conference yang digelar di Kantor DPD Partai NasDem Makassar, Minggu (18/2/2024).

Mario menjelaskan bahwa terdapat pengurangan suara yang cukup signifikan hingga bahkan mencapai ribuan suara bagi beberapa caleg yang diusung NasDem.

“Cukup signifikan pengurangannya, seribu, seribu, seribu, ini dari capture masyarakat Fatmawati pada pukul 19.16 Wita (kemarin) suaranya 39 ribu, turun menjadi 37 ribu,” kata Mario.

Mario menilai bahwa hal ini tentu dinilai mengkhawatirkan, karena menjadi temuan dan dikirim langsung oleh masyarakat terkait adanya kehilangan suara caleg partai NasDem tersebut.

“Ini mengkhawatirkan kami karena ini adalah temuan masyarakat berupa foto atau capture-capture dari mereka semua,” imbuhnya.

Meski begitu, Mario tetap percaya dengan KPU untuk mengatasi hal yang terkait adanya kehilangan suara dari sejumlah caleg partai NasDem tersebut. Ia pun mensyukuri bahwa telah menerima balasan, jika kejadian ini diakibatkan oleh technical error akibat dari perbaikan data dan lainnya.

“Kami mensyukuri setelah konfirmasi dari KPU, mengatakan bahwa ini lagi perbaikan data dan macem-macem,” terangnya.