Dari ketujuh Presiden Indonesia, hanya BJ Habibie yang anak-anaknya tak mengikuti jejak orang tua terjun ke politik

RAKYAT.NEWS, Jakarta –  Pekan ini perpolitikan Indonesia dihangatkan dengan kabar niatan putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Kaesang Pangarep berkeinginan mengikuti jejak ayah dan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, berkiprah di dunia politik. Hal itu disampaikan anak presiden itu kala jamuan makan malam keluarga di kediaman Jokowi di Solo, Senin, 23 Januari 2023.

Anak Presiden ikut nyemplung ke dunia politik bukanlah hal baru. Selain Gibran dan mungkin Kaesang, beberapa anak presiden lainnya juga mengikuti orang tua mereka untuk berpolitik. Berikut beberapa anak Presiden Indonesia yang mengikuti jejak orang tuanya terjun ke dunia politik seperti dilansir Tempo.co, Rabu, 1 Februari 2023.

1.Anak-anak Sukarno

Presiden Pertama RI Sukarno atau Bung Karno adalah pendiri Partai Nasional Indonesia. Salah satu partai yang ikut fusi ke dalam Partai Demokrasi Indonesia. Setelah partai gabungan itu terbentuk, putrinya, Megawati Soekarnoputri diajak para pendiri untuk jadi kader. Kariernya di dunia politik melejit hingga jadi Presiden Indonesia.

Tak hanya Megawati, ternyata anak-anak Sukarno lainnya juga ikut terjun ke politik. Di antaranya Sukmawati Soekarnoputri yang menghidupkan kembali Partai Nasional Indonesia. Kemudian ada Rachmawati Soekarnoputri yang bergabung dengan partai Gerindra. Selain itu, Guruh Soekarnoputra juga ikut bergabung di PDIP. Bahkan dia sudah beberapa kali menjadi anggota DPR RI.

2.Anak-anak Soeharto

Anak-anak Soeharto juga mengikuti jejak bapaknya terjun ke politik. Putra putri Pak Harto yang terjun ke perpolitikan antara lain Siti Hardijanti Rukmana atau Tutut, anak ketiga Soeharto Bambang Trihatmodjo, dan juga Tommy Soeharto. Sempat tanpa kabar di dunia politik, Tommy muncul pada 2018 kala didapuk menjadi Ketua Umum Partai Berkarya. Kini Tommy bergabung di Partai Swara Rakyat Indonesia sejak 2022.