3.Anak-anak Abdurahman Wahid

Darah perpolitikan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sepertinya tak diwariskan kepada anak-anaknya, kecuali kepada Zannuba Ariffah Chafsoh atau akrab disapa Yenny Wahid. Dari empat anak Gus Dur, hanya dia yang terjun ke dunia politik. Yenny mengawali karier politik dengan bergabung Partai Kebangkitan Bangsa. Dia juga sempat mendirikan partai. Namun sejak 2014 lalu, Yenny Wahid tak terdengar kabarnya di dunia perpolitikan.

4.Anak-anak Megawati Soekarnoputri

Puan Maharani merupakan putri Megawati Soekarnoputri. Dia membuntuti jejak ibunya terjun ke dunia politik dengan bergabung ke PDIP sejak 2008. Selain Puan, anak Megawati lainnya yang juga ikut berpolitik adalah Prananda Prabowo. Namun namanya jarang terdengar karena lebih banyak berada di belakang layar dalam membesarkan PDIP.

5.Anak-anak Susilo Bambang Yudhoyono

Dua anak Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono juga mengikuti jejak ayahnya terjun ke politik. Keduanya adalah Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dan adiknya Edie Baskoro Yudhoyono atau Ibas. AHY ikut partai bapaknya, Demokrat, sejak 2016 setelah hengkang dari TNI. Sementara Ibas lebih dulu terjun ke politik sejak 2009 lalu dan menjabat sebagai anggota DPR RI hingga kini.

6.Anak-anak Joko Widodo

Putra sulung Jokowi, Gibran, juga mengikuti jejak sang ayah terjun ke politik. Dia memutuskan gabung ke partai yang menaungi bapaknya, PDIP, jelang Pilkada 2020. PDIP kemudian menjagokan dia sebagai Calon Wali Kota Solo dan menang. Gibran kini menduduki jabatan yang dulu pernah diemban Jokowi.

Baru-baru ini Kaesang juga mengutarakan niatnya untuk menilik dunia politik. Kendati begitu, sejauh ini belum ada kabar putra bungsu Jokowi ini bakal gabung dengan partai mana. Gibran membocorkan, adiknya akan memulai karies politik di kontestasi eksekutif, bukan legislatif.